Training FLM to SLM
Training First Level
Maintenance (FLM) to Second Level Maintenance (SLM) adalah pelatihan yang
diadakan Human Capital Division (HCA) yang bertujuan upgrade skill &
competence petugas FLM menjadi berkemampuan selevel SLM. Dengan meningkatkan
kemampuan petugas dalam menangani problem maka percepatan perbaikan
permasalahan ATM dapat terealisasi dan otomatis mengurangi down time serta
Service Level Agreement di tiap kelolaan COU yang telah ditetapkan oleh pemberi
kerja dapat terjaga.
FLM & SLM merupakan cascading process dalam penanganan
perbaikan problem ATM. Jika mesin mengalami problem, maka pada kesempatan
pertama akan diperbaiki oleh petugas FLM, namun jika perbaikan oleh petugas FLM
tidak berhasil, maka penyelesaian akan dieskalasi ke petugas SLM.
Sedikit mengenal perbedaan
antara petugas FLM dan SLM yang lain adalah skala penanganan problem ATM yang
berbeda, SLM dibekali perangkat tools yang lebih lengkap dari FLM. Training FLM
ke SLM ini juga sudah masuk kedalam rencana ATP atau Annual Training program
yang dibuat Unit training & development
di Divisi HCA.
Sementara, kegiatan Training
FLM to SLM periode Agustus & September 2021 ini, diselenggarakan menjadi 2
batch. Batch I dilaksanakan 3 hari pada tanggal 24 s.d. 26 Agustus 2021, dan
begitupun batch II yang juga 3 hari pelaksanaan pada tanggal 6 s.d. 8 September
2021, kegiatan dipimpin oleh Joko Prabowo, divisi HCA unit Training &
Development yang berlatar belakang sebagai senior engineer. Peserta training
merupakan teknisi & FLM dari segenap COU seluruh Indonesia. Menyesuaikan
kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda serta mematuhi tertib aturan
pemerintah terkait PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegaitan Masyarakat) maka
kegiatan dilaksanakan secara virtual.
Adapun materi-materi yang
disampaikan yaitu materi electrical & jaringan komunikasi, trouble shooting
Mesin ATM Hyosung, trouble shooting Mesin ATM NCR, trouble shooting Mesin ATM
Diebold, sharing & discuss problem yang ada di lapangan. Selain materi yang
diberikan dalam bentuk presentasi, Joko memperlihatkan secara visual video
mengenai penanganan, perawatan serta perbaikan modul mesin ATM. Pada Akhir
session training Joko juga memberikan post test untuk menguji seberapa jauh
peserta training menyerap ilmu yang telah disampaikan.
Semoga kegiatan pelatihan
bermanfaat bagi para peserta dan mampu meningkatkan kontribusi kepada
perusahaan yang kita cintai.
Salam,
#SSIGoRebound #GaNyerah #AyoBerubah
0 Comments