Penerapan 5-S Sebagai Bagian Dari Service Excellent
Senyum, Sapa, Salam, Sopan
dan Santun atau lebih dikenal dengan istilah 5-S adalah 5 kata sederhana namun
memiliki makna yang sangat penting dalam dunia usaha bidang jasa. Dimana dalam
kegiatan sehari-hari, sebuah perusahaan jasa selalu berinteraksi dengan para
pemberi kerja/konsumen. Setiap insan perusahaan wajib menjalankan 5-S supaya
para konsumen nyaman pada saat berkomunikasi dan berinteraksi dengan kita.
Layanan unggul/service
excellent tidak hanya perkara keunggulan produk yang dihasilkan oleh suatu
perusahaan atau kecepatan respon time dalam penyelesaian problem. Unsur 5S
menjadi bagian penting untuk meningkatkan pelayanan agar para konsumen puas dan
loyal terhadap perusahaan. Perilaku dan tanggapan konsumen terhadap layanan
kita, tidak bisa dikontrol atau diarahkan. Mereka selalu membandingkan
perusahaan satu dengan yang lainnya. Demi terciptanya service excellent
dibutuhkan tambahan 5S untuk melengkapi keunggulan produk dan layanan sehingga
perusahaan mendapat customer satisfaction.
“S” pertama adalah senyum
saat bertemu dengan konsumen yang pertama kita lakukan adalah memberikan
senyuman, tentu bukan sekedar senyuman tapi senyum yang tulus dan ikhlas.
Senyum yang tulus terlihat dari raut muka anda jadi jika anda asal senyum tapi
tidak iklas akan memberikan kesan negatif pada perusahaan anda. Memberikan
senyuman pada detik pertama anda melayani konsumen akan memberikan kesan
positif bagi perusahaan dan anda sendiri secara pribadi.
“S” yang kedua adalah salam.
Sesuai dengan waktu pada saat bertemu, contohnya : Selamat pagi adalah pukul
7.00 sampai 10.00 WIB, Selamat Siang Setelah pukul 10.00 sampai 15.00 WIB,
Selamat sore setelah pukul 15.00 sampai 18.00 WIB, dan setelah pukul 18.00 WIB
adalah selamat malam. Memberikan salam sesuai dengan waktu adalah salah satu
tanda bahwa sebagai karyawan anda selalu berkonsentrasi sehingga selalu
memberikan salam sesuai dengan waktu bukan asal-asalan. Hal tersebut juga
memberikan kesan positif bagi konsumen terhadap anda dan perusahaan anda.
“S” yang ketiga adalah sapa,
yaitu menyapa konsumen dengan sopan dan ramah, biasakan memanggil dengan
sebutan “Bapak atau Ibu”. Lebih baik lagi jika kita hafal dengan konsumen
tersebut sehingga memberikan kesan memperhatikan setiap konsumen dengan baik.
Jangan lupa setelah selesai melayani konsumen, ucapkan terima kasih dengan
sopan dan tetap tersenyum ramah.
“S” keempat adalah sopan,
yaitu menjaga tingkah laku kita dengan baik yang menunjukkan budi pekerti.
Tidak berbicara kasar dan memahami etika
“S” yang kelima adalah santun,
Dalam memberikan pelayanan unggul kepada konsumen tak lepas dari menjaga
komunikasi yang baik. Komunikasi adalah salah satu bentuk pelayanan yang dapat
anda berikan kepada konsumen yaitu dengan bertutur kata sopan,santun dan
mempunyai kemampuan untuk menjelaskan dan memberikan solusi terhadap konsumen.
Komunikasi merupakan salah
satu hal terpenting dalam membangun kepercayaan terhadap konsumen. Seorang yang
mampu berkomunikasi dengan baik mempunyai nilai lebih bagi perusahaannya.
Karyawan yang mampu memberikan penjelasan dengan baik, dapat menahan diri serta
tidak mudah tersinggung dan emosi saat menghadapi keluhan dan komplain konsumen
adalah ciri karyawan yang mampu berkomunikasi dengan bijaksana.
PT SSI yang juga merupakan
perusahaan jasa layanan di bidang pengelolaan uang tunai. Dimana seluruh insan
seperti : para petugas lapangan (restocker, FLM, teknisi dan CIT), para staf
marketing dan termasuk unsur-unsur pimpinan, sering sekali melakukan interaksi
dengan para person in charge (PIC) mitra kerja ataupun para nasabah bank yang
sedang melakukan transaksi di ATM.
Respon dan perilaku dari
konsumen yang kita hadapi berbeda-beda. Ada yang bersikap sopan, detail, kritis
dan tidak menutup kemungkinan karena alasan tertentu sikap customer berlaku
marah dan berbicara dengan nada tinggi. Namun kita harus memiliki ketenangan
dan berbekal 5S pada saat berinteraksi dengan konsumen.
Menjadi hal yang penting,
seluruh insan SSI selalu memulai interaksi dengan customer dengan menerapkan
sikap 5S. Ditambah dengan kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan yang mumpuni
serta sigap, niscaya kita akan dapat memberikan rasa nyaman kepada konsumen.
Dan pada akhirnya, para konsumen akan memberikan penilaian yang baik kepada
kita dan tentunya perusahaan kita. Sehingga akan berdampak kepada langgengnya
bisnis perusahaan.
Demikian tips dari redaksi,
semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi seluruh insan SSI. Sehingga perusahaan
dapat terus memberikan service excellent kepada para konsumen, dengan penerapan
5S sebagai menunjang keunggulan produk layanan kita
Salam,
#SSIGoRebound #BringItOn #GaNyerah #AyoBerubah
0 Comments