HCA Selenggarakan Kegiatan Refreshment Staf FLM
Sesuai komitmen mendukung
sektor operasi dalam menjaga kualitas layanan ATM, Divisi Human Capital (HCA)
kembali menyelenggarakan refreshment dan pelatihan up grade skill kepada
pegawai pelaksana lapangan. Kegiatan refreshment bulan Agustus 2021 ini,
dilaksanakan sebanyak 3 batch. Batch I -12 Agustus 2021, batch II- 19 Agustus
2021, dan terakhir batch III dilangsungkan pada 26 Agustus 2021. Peserta
pelatihan adalah tim teknisi dan FLM dari COU seluruh Indonesia.
Karena situasi dan kondisi
akibat pandemic corona virus 19 yang belum mereda, refreshment dilaksanakan
melalui media conference/virtual. Masing-masing batch diikuti oleh 50 orang
peserta, total dalam 3 batch, diikuti kurang kebih 150 pegawai.
Menu pertama yang dibahas
tentunya me-refresh kembali pemahaman dasar perihal jenis-jenis mesin ATM dan
karakteristiknya. Kemudian kerusakan serta cara perbaikan kerusakan dengan baik
dan benar. Bertambahnya jenis dan merek mesin ATM serta penambahan fitur-fitur
didalam menu layanan, juga harus dipahami dan dikuasai oleh para staf lapangan.
Sejarah dan revolusi ‘si
mesin pintar’ yang mampu melayani kebutuhan transaksi nasabah bank dalam 24 jam
penuh menjadi pembahasan pelatiihan selanjutnya. Diawali tahun 1967 pertama
kali didunia mesin ATM dibuat, dan pada tahun 1987 mulai dipakai di Indonesia.
Tahun 2003 muncul pengembangan produk Cash Deposit Machine (CDM), yang
memanjakan nasabah dengan dapat melayani penyetoran uang tunai tanpa harus
melalui antrian panjang di teller kantor bank. Sementara mesih Cash Recycle
Machine (CRM), menjadi pengembangan selanjutnya. Dimana selain dapat melayani
tarik tunai, mesin juga sekaligus melayani setoran tunai.
Perkembangan-perkembangan
teknologi tersebut tentunya harus diimbangi oleh perseroan dengan cara
melakukan up grade skill kepada tenaga lapangan (teknisi dan FLM) yang mampu
melakukan perbaikan tidak hanya ATM tapi mesin CDM dan CRM, karena para bank
pemberi kerja akan segera mengganti mesin-mesin ATM ke CRM.
Semoga pelatihan dapat memberikan
manfaat dan bekal lebih kepada para staf lapangan SSI, sehingga dapat
memberikan service excellent kepada para pemberi kerja. Para peserta
refreshment tetap harus mengembangkan dan menggali potensi diri, supaya
pelatihan yang sudah diberikan tidak menjadi sia-sia.
Dengan memiliki tenaga
lapangan yang mumpuni dan berdedikasi, diharapkan respon time dan resolution
time perbaikan mesin ATM/CDM/CRM dapat dijaga. Dan tentunya SLA yang disepakati
bersama dengan pemberi kerja dapat tercapai.
Salam,
#SSIGoRebound #BringItOn #GaNyerah #AyoBerubah
0 Comments