Loading...
| |

Tips Menciptakan Lingkungan Kerja Positif dan Produktif

Tips Menciptakan Lingkungan Kerja Positif dan Produktif

Kondisi lingkungan kerja sangat mempengaruhi produktivitas dan kualitas kinerja karyawan. Semakin baik lingkungan, membuat karyawan nyaman dan produktif dalam bekerja. Tak hanya itu saja, karyawan juga mampu mengeluarkan potensi terbaiknya, bukan hanya sekadar mengejar gaji, namun mereka melakukannya demi kemajuan perusahaan secara jangka panjang.
Agar suasana nyaman dan menyenangkan dapat terwujud secara nyata, diperlukan kontribusi langsung dari masing-masing anggota perusahaan. Hal tersebut dapat terwujud apabila seluruh bagian perusahaan ambil bagian, bukan hanya pemimpin saja. Inilah beberapa hal kecil yang dapat dilakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan menyenangkan.
1.    Mulailah hari dengan senyuman
Satu senyuman dapat menghilangkan masalah. Jangan lupa untuk memberikan senyuman terbaikmu saat bertemu rekan kerja, sehingga orang di sekitar juga ikut merasakan energi positif yang ada dalam dirimu.
2.    Jangan ragu bertanya
Itu mungkin prinsip paling klise dan paling sederhana. Tapi, percayalah kesuksesan bisa datang dari kebiasaan untuk tidak malu bertanya.
3.    Tunjukkan sikap hormat
Sikap ini harus selalu dijaga, terutama ketika sedang berargumen dengan rekan kerja. Biarkan orang lain menyampaikan pendapatnya hingga selesai, baru kemudian berikan tanggapan. Dengan begini, konflik di dunia kerja dapat dielakkan.
4.    Menghargai pencapaian orang lain
Dengan menghargai pencapaian orang lain, percayalah orang lain pun akan ikut melakukan hal yang sama kepadamu. Bahkan mereka tak segan menolongmu untuk mencapainya, sehingga kebahagiaan dalam bekerja dapat terwujud.
5.    Menjaga komunikasi dengan baik
Komunikasi yang baik dapat mencegah terjadinya kesalahpahaman antara atasan dengan bawahan maupun sesama bawahan. Sebaiknya sampaikan apa yang ingin dikatakan secara langsung dan jelas. 
6.    Selesaikan masalah dengan segera
Sebelum terjadinya masalah menjadi berlarut, sebaiknya segera selesaikan dengan segera. Hindari sikap pura-pura tidak tahu terhadap permasalahan yang ada karena dapat membuang waktu. Ingat, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, kita harus tetap fokus pada pekerjaan kita dengan tidak memikirkan masalah yang berlarut-larut.

Semoga bermanfaat...

 

Salam,
#SSIBangkit #GakNyerah #AyoBerubah

0 Comments

Add Like





Kantor Pusat :
Bellagio Office Park, Unit OUG 31-32 Jl. Mega Kuningan Barat Kav E4.3 Kawasan Mega Kuningan, Setiabudi-Jakarta Selatan 12950
(021) 30066109-112

Kantor Pusat Operasional :
Jl. Arteri JORR, No 70, Jati Melati-Pondok Melati, Bekasi 17446
(021) 2947 4350

PT. Swadharma Sarana Informatika

PT. Swadharma Sarana Informatika