• Quality Services Beyond Customer Expectations
  • (021) 30066109-112
  • ssi@ssilink.co.id

Berita Selengkapnya

img

15

Aug

Fungsi dan Manfaat Standar Operasional Prosedur bagi Perusahaan

Aug 15, 2021 BERITA

Dalam menjalankan roda kegiatan operasional perusahaan, apakah sebuah perusahaan skala kecil sampai dengan besar, ragam ruang lingkup pekerjaan dan latar belakang berbeda dari sumber daya manusia/pegawai, dibutuhkan sebuah acuan guna menyelaraskan sistem kerja sehingga visi dan misi dapat tercapai. Acuan sering kali dikenal sebagai Standar Operasional Prosedur (SOP)

Bahwa SOP adalah suatu panduan kerja yang dirancang dan dibuat secara sistematis dan bertujuan supaya tercipta standardisasi untuk memudahkan pegawai menyelesaikan pekerjaan dan tak kalah penting meminimalisir kesalahan kerja. Sebuah sistem yang sangat penting membantu proses perkembangan dan kemajuan perusahaan.

Berdasar berbagai sumber yang dirangkum oleh redaksi, berikut disampaikan fungsi dan manfaat SOP bagi sebuah perusahaan pada umumnya. Dan tentunya diharapkan dapat dibaca oleh segenap insan SSI dimanapun berada.

Fungsi SOP

1. Pedoman dan landasan hukum, mengantisipasi berbagai macam situasi tak terduga yang mungkin dihadapi perusahaan dan sekaligus menjadi acuan untuk melaksanakan pekerjaan. SOP juga dapat digunakan sebagai landasan hukum jika terjadi penyimpangan dalam perusahaan.

2. Memudahkan pekerjaan, seringkali kita tidak menyadari bahwa SOP telah mempermudah dan membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Seluruh aktivitas menjadi lebih teratur dan tertib. Panduan dan batasan kerja antar unit jelas.

3. Mendisiplinkan seluruh jajaran di dalam perusahaan, Penerapan SOP dengan baik dan benar membantu membawa seluruh jajaran perusahaan ke arah yang positif untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab kepada pekerjaan. Dapat diambil contoh jika pegawai datang terlambat ke kantor atau keluar jam kantor tidak pada waktunya, maka dapat dikenai sanksi sesuai ketetapan yang tertera dalam SOP, yang pastinya akan mengurangi kecemburuan antar pegawai karena perlakuan berbeda jika penindakan pelanggaran tidak diatur dalam ketentuan pasti (SOP)

4. Deteksi hambatan yang dialami pegawai, SOP dapat mengantisipasi hal tak terduga dalam roda operasional perusahaan, termasuk hambatan yang sedang atau akan dialami pegawai. Jika hambatan sudah diketahui, maka perusahaan dapat mencari jalan keluar perbaikannya

 

Manfaat SOP

1. Melatih kemandirian pegawai, pegawai terlatih lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi/arahan manajemen. Pimpinan/Top Management dapat lebih berfokus kepada penyelesaian permasalahan strategis perusahaan dibanding permasalahan-permasalahan teknis.

2. Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas, seluruh pekerjaan, tugas, dan kegiatan karyawan telah diatur sesuai porsi dan proporsinya. Tidak akan terjadi tumpang tindih dalam menjalankan tugas.

3. Standardisasi merampungkan pekerjaan, secara otomatis SOP dipergunakan sebagai acuan atau standar untuk menyelesaikan dan keberhasilan pekerjaan.

Demikian sharing dari redaksi, semoga dapat bermanfaat bagi insan SSI. Tetap semangat dan memberikan sumbangsih terbaik bagi perusahaan yang kita cintai

Salam,
#SSIGoRebound  #BringItOn  #GaNyerah  #AyoBerubah