• Quality Services Beyond Customer Expectations
  • (021) 30066109-112
  • ssi@ssilink.co.id

Berita Selengkapnya

img

22

Jul

Penerapan 5-S Sebagai Bagian Dari Service Excellent

Jul 22, 2021 BERITA

Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun atau lebih dikenal dengan istilah 5-S adalah 5 kata sederhana namun memiliki makna yang sangat penting dalam dunia usaha bidang jasa. Dimana dalam kegiatan sehari-hari, sebuah perusahaan jasa selalu berinteraksi dengan para pemberi kerja/konsumen. Setiap insan perusahaan wajib menjalankan 5-S supaya para konsumen nyaman pada saat berkomunikasi dan berinteraksi dengan kita.

Layanan unggul/service excellent tidak hanya perkara keunggulan produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan atau kecepatan respon time dalam penyelesaian problem. Unsur 5S menjadi bagian penting untuk meningkatkan pelayanan agar para konsumen puas dan loyal terhadap perusahaan. Perilaku dan tanggapan konsumen terhadap layanan kita, tidak bisa dikontrol atau diarahkan. Mereka selalu membandingkan perusahaan satu dengan yang lainnya. Demi terciptanya service excellent dibutuhkan tambahan 5S untuk melengkapi keunggulan produk dan layanan sehingga perusahaan mendapat customer satisfaction.

“S” pertama adalah senyum saat bertemu dengan konsumen yang pertama kita lakukan adalah memberikan senyuman, tentu bukan sekedar senyuman tapi senyum yang tulus dan ikhlas. Senyum yang tulus terlihat dari raut muka anda jadi jika anda asal senyum tapi tidak iklas akan memberikan kesan negatif pada perusahaan anda. Memberikan senyuman pada detik pertama anda melayani konsumen akan memberikan kesan positif bagi perusahaan dan anda sendiri secara pribadi.

“S” yang kedua adalah salam. Sesuai dengan waktu pada saat bertemu, contohnya : Selamat pagi adalah pukul 7.00 sampai 10.00 WIB, Selamat Siang Setelah pukul 10.00 sampai 15.00 WIB, Selamat sore setelah pukul 15.00 sampai 18.00 WIB, dan setelah pukul 18.00 WIB adalah selamat malam. Memberikan salam sesuai dengan waktu adalah salah satu tanda bahwa sebagai karyawan anda selalu berkonsentrasi sehingga selalu memberikan salam sesuai dengan waktu bukan asal-asalan. Hal tersebut juga memberikan kesan positif bagi konsumen terhadap anda dan perusahaan anda.

“S” yang ketiga adalah sapa, yaitu menyapa konsumen dengan sopan dan ramah, biasakan memanggil dengan sebutan “Bapak atau Ibu”. Lebih baik lagi jika kita hafal dengan konsumen tersebut sehingga memberikan kesan memperhatikan setiap konsumen dengan baik. Jangan lupa setelah selesai melayani konsumen, ucapkan terima kasih dengan sopan dan tetap tersenyum ramah.

“S” keempat adalah sopan, yaitu menjaga tingkah laku kita dengan baik yang menunjukkan budi pekerti. Tidak berbicara kasar dan memahami etika

“S” yang kelima adalah santun, Dalam memberikan pelayanan unggul kepada konsumen tak lepas dari menjaga komunikasi yang baik. Komunikasi adalah salah satu bentuk pelayanan yang dapat anda berikan kepada konsumen yaitu dengan bertutur kata sopan,santun dan mempunyai kemampuan untuk menjelaskan dan memberikan solusi terhadap konsumen.

Komunikasi merupakan salah satu hal terpenting dalam membangun kepercayaan terhadap konsumen. Seorang yang mampu berkomunikasi dengan baik mempunyai nilai lebih bagi perusahaannya. Karyawan yang mampu memberikan penjelasan dengan baik, dapat menahan diri serta tidak mudah tersinggung dan emosi saat menghadapi keluhan dan komplain konsumen adalah ciri karyawan yang mampu berkomunikasi dengan bijaksana.

PT SSI yang juga merupakan perusahaan jasa layanan di bidang pengelolaan uang tunai. Dimana seluruh insan seperti : para petugas lapangan (restocker, FLM, teknisi dan CIT), para staf marketing dan termasuk unsur-unsur pimpinan, sering sekali melakukan interaksi dengan para person in charge (PIC) mitra kerja ataupun para nasabah bank yang sedang melakukan transaksi di ATM.

Respon dan perilaku dari konsumen yang kita hadapi berbeda-beda. Ada yang bersikap sopan, detail, kritis dan tidak menutup kemungkinan karena alasan tertentu sikap customer berlaku marah dan berbicara dengan nada tinggi. Namun kita harus memiliki ketenangan dan berbekal 5S pada saat berinteraksi dengan konsumen.

Menjadi hal yang penting, seluruh insan SSI selalu memulai interaksi dengan customer dengan menerapkan sikap 5S. Ditambah dengan kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan yang mumpuni serta sigap, niscaya kita akan dapat memberikan rasa nyaman kepada konsumen. Dan pada akhirnya, para konsumen akan memberikan penilaian yang baik kepada kita dan tentunya perusahaan kita. Sehingga akan berdampak kepada langgengnya bisnis perusahaan.

Demikian tips dari redaksi, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi seluruh insan SSI. Sehingga perusahaan dapat terus memberikan service excellent kepada para konsumen, dengan penerapan 5S sebagai menunjang keunggulan produk layanan kita

Salam,
#SSIGoRebound #BringItOn #GaNyerah #AyoBerubah