• Quality Services Beyond Customer Expectations
  • (021) 30066109-112
  • ssi@ssilink.co.id

Berita Selengkapnya

img

16

Apr

Tips Redaksi : Menjaga Produktivitas di tengah WFH

Apr 16, 2021 BERITA

Banyak perusahaan di dunia memberlakukan sistem kerja dari rumah atau Work From Home alias WFH sebagai antisipasi penyebaran pandemi COVID-19, Demi terciptanya komunikasi yang baik serta tidak mengurangi kontribusi terhadap perusahaan saat tengah WFH, guna menjaga keberlangsungan perusahaan dalam menghadapi derasnya arus persaingan industry PJ PUR. Seperti perusahaan lainnya, PT SSI juga menerapkan kebijakan WFH.

Perusahaan mengajak seluruh insan SSI untuk menekan jumlah kasus penyebaran COVID-19 dengan selalu menaati protokol kesehatan serta peraturan yang ada. Namun karyawan tetap produktif demi perputaran roda kegiatan perusahaan.

Kali ini tim redaksi akan berbagi tips tetap produktif saat WFH :

1. Siapkan diri memulai hari untuk WFH
Jangan gunakan piyama atau baju tidur saat WFH. Tetap mandi pagi dan berpakaian yang sopan serta santai membuat kita merasa siap saat WFH.

2. Miliki ruang kerja pribadi
Jika Anda tidak memiliki ruang kerja di rumah, sebisa mungkin buat ruang khusus untuk pekerjaan. Sebab, tidak memiliki ruang kerja saat bekerja jarak jauh dapat menyebabkan penurunan produktivitas. Tidak berbaring di tempat tidur dengan laptop, cobalah membuat suasana yang kondusif. Cara mengatasinya, bisa memindahkan meja tempat bekerja ke sudut yang jauh dari gangguan, dan menyediakan kursi seperti yang dilakukan di meja kantor. Keberadaan ruang kerja khusus dapat membuat Anda berkonsentrasi. Ini juga berfungsi sebagai sinyal penting bagi mereka yang tinggal bersama Anda bahwa Anda sedang 'bekerja'.


3. Membuat batasan jam kerja

Penting juga untuk memberikan batasan jam kerja. Dalam sebuah survei, keluhan WFH yang paling banyak adalah ketidakmampuan untuk memberi batasan saat bekerja. Selain itu mulai dan akhiri pekerjaan dengan hal-hal yang ringan seperti kopi 20 menit di pagi hari dan kemudian berolahraga tepat setelah bekerja untuk mengawali dan menutup hari.

4. Hindari merasa terisolasi
Pandemi COVID-19, tidak jelas berapa lama orang akan di rumah, yang menimbulkan masalah tambahan. Isolasi yang berkepanjangan juga berpotensi berdampak pada moral dan produktivitas. Selain itu, kesendirian dapat membuat orang merasa kurang termotivasi dan kurang produktif.  Jadi, ketika Anda berkomunikasi dengan Pimpinan dan tim dari rumah, ada baiknya jika sebanyak mungkin komunikasi entah itu tatap muka atau virtual, seperti panggilan video, Skype, Zoom.

5. Tetap menghidupkan komunikasi tim
Kunci untuk bekerja dari rumah adalah komunikasi yang jelas dengan Pimpinan dan tahu persis apa yang diharapkan dari Anda. Selama bekerja di kantor, kebanyakan pekerja menghabiskan waktu di dekat Pimpinan, artinya komunikasi itu mudah dan tanpa usaha. Tetapi, hal itu berbeda dengan pekerjaan jarak jauh terkadang ada gangguan komunikasi karena belum terbiasa dengan komunikasi secara virtual. Misalnya, perusahaan Anda mungkin tidak memiliki seperangkat alat siap pakai untuk pekerja jarak jauh, seperti aplikasi obrolan Slack atau aplikasi konferensi video Zoom.


6. Tetap semangat

Solusi untuk pekerjaan dari rumah adalah sebanyak mungkin interaksi tatap muka online melalui panggilan video, memberi kabar kepada atasan secara reguler. Terutama, untuk karyawan yang hidup sendirian dan mungkin merasa lebih terisolasi dan pertemuan rutin tanpa agenda, seperti meraih kopi atau minuman. Jika Anda seorang atasan, Anda harus memberikan komunikasi yang jelas dan juga penting untuk menjaga moral.

Salam,

#SSIGoRebound #BringItOn #GaNyerah #AyoBerubah