• Quality Services Beyond Customer Expectations
  • (021) 30066109-112
  • ssi@ssilink.co.id

Berita Selengkapnya

img

19

Nov

Membangun Pondasi Transformasi Perusahaan di Era Digital

Nov 19, 2021 BERITA

Dalam konteks korporasi, pondasi perusahaan menjadi salah satu faktor yang paling menentukan iklim perusahaan. Mulai dari etos kerja karyawan, cara berkomunikasi antar sesama, tools yang digunakan untuk bekerja, bagaimana hasil dari pekerjaan disajikan, bagaimana pekerjaan didelegasikan, dan beragam aktifitas lainnya.

Pondasi kuat perusahaan adalah salah satu faktor yang menjadi dasar keberhasilan transformasi, merger, integrasi, pertumbuhan yang agresif, atau pun inisiatif strategis lainnya. Ini membutuhkan pemikiran, konsep, kemauan, komitmen, dan juga ketekunan dalam membangun dan mencapai pondasi yang kuat di tengah perkembangan bisnis yang kerap berubah.

Melihat persaingan di era digital yang semakin tinggi, perusahaan dituntut untuk meningkatkan kinerjanya. Salah satu cara yang efektif untuk dilakukan adalah memiliki pondasi perusahaan yang unggul. Dengan begitu, perusahaan akan memiliki modal untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain. Bukan hanya berfokus pada masalah produksi dan teknologi, tetapi juga sistem pengelolaan perusahaan untuk melakukan produksi.

Kali ini tim redaksi akan membagikan 5 tips membangun pondasi untuk mempercepat transformasi perusahaan di era digital :

1.Mengetahui Tujuan Perusahaan

Hal pertama yang paling mendasar adalah ketahui tujuan dari perusahaan, ini mencakup pada visi dan misi dari perusahaan tersebut. Sebuah kapal semegah dan secanggih apa pun, tidak akan berjalan ke mana pun jika tidak memiliki destinasi berlabuh. Sama juga dengan perusahaan, di mana setiap perusahaan harus memiliki tujuan mereka menjalankan bisnis. Tujuan besar tersebut tentunya harus diiringi dengan breakdown langkah demi langkah yang lebih kecil, yang bisa langsung diimplementasikan sehari-hari. Dengan adanya tujuan yang tercermin dalam keseharian, Pondasi perusahaan tentunya akan lebih kuat.


2.Selalu menjaga komunikasi dengan baik

Perkembangan era digital mengakibatkan hampir seluruh aktivitas yang dilakukan karyawan berhubungan dengan internet dan gadget. Namun, bukan berarti komunikasi di suatu perusahaan dapat diabaikan begitu saja. Komunikasi tidak hanya terbatas pada perbincangan small talk antar karyawan, tetapi juga penyampaian atas visi dan misi perusahaan. Dengan begitu, seluruh karyawan dapat memahami kontribusi dari masing-masing pihak sehingga tercipta kolaborasi apik dalam mencapai tujuan perusahaan.


3.Pemimpin Harus Menjadi Contoh

Pemimpin tidak hanya berbicara mengenai pemilik perusahaan lho ya, tetapi mengenai siapa pun yang memiliki karyawan di bawah mereka. Sebagai pemimpin, tentunya Anda harus menjalankan peraturan yang anda terapkan kepada bawahan anda. Misalnya saja, anda mengharapkan bawahan anda untuk bisa berpakaian dengan baik dan sopan, bekerja dengan cepat, serta tidak datang terlambat. Anda pun harus menerapkan yang demikian juga, menjadi contoh atau panutan bagi karyawan di bawah Anda. Sebaik apa pun karyawan Anda, sedikit banyak mereka pasti terpengaruh jika Anda sendiri tidak menjadi contoh yang baik bagi mereka. Istilahnya, walk the talk, jadi Anda pun menjalankan apa yang Anda katakan kepada mereka dan menjadi contoh ya.


4.Beri kesempatan karyawan menyampaikan gagasan

Masing-masing karyawan memiliki gagasan yang berbeda dalam menyelesaikan permasalahan. Sebaiknya, beri kesempatan kepada mereka untuk menyampaikan gagasan tersebut. Semakin banyak karyawan yang didengarkan aspirasinya, maka semakin baik pula Company Foundation yang ada. Mengingat ada banyak kepala yang harus disatukan dalam sebuah perusahaan, kesempatan ini justru akan memberi peluang pada perkembangan bisnis berdasarkan ide hebat dari para karyawan.


5.Mendengarkan keluhan karyawan

Sekali lagi, menyatukan banyak kepala untuk satu tujuan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Tak jarang perselisihan juga terjadi di antara karyawan. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mendengarkan keluhan karyawan agar pihak HR dapat membantu menemukan solusi atas perselisihan tersebut tanpa merugikan pihak mana pun.

Salam,
#SSIGoRebound #GaNyerah #AyoBerubah